Misteri Lukisan Mona Lisa yang Wajib Diketahui

Siapa yang tidak tahu tentang lukisan Monalisa yang dilukis oleh pelukis ternama, Leonardo Davinci? Lukisan ini secara berabad-abad terus membuat bingung para kritikus seni, sejarawan, dan banyak pihak lainnya.

Lukisan yang dipajang di Museum Louvre ini sering kali disebut sebagai karya yang paling terkenal dan banyak dikunjungi oleh para turis. Berikut ini adalah beberapa misteri dari lukisan Monalisa yang hingga saat ini masih belum terungkap.

Lukisan Monalisa

1.Siapa Wanita di Dalamnya?

Hingga saat ini, belum ada yang tahu pasti siapakah yang menjadi model di dalam lukisan tersebut. Namun, banyak yang percaya kalau ia adalah Lisa Maria de Gherardini, wanita bangsawan Italia yang lahir di Florence tahun 1479.

Suaminya menugaskan Lisa untuk menjadi model di dalam lukisan ini. Lisa memiliki kehidupan kelas menengah, di mana sang suami bekerja menjadi seorang pedagang sutra dan kain. Selain itu dia juga sudah memiliki 5 anak, Piero, Andrea, Camila, Giocondo, dan Marietta.

Tapi ada juga yang mengatakan kalau wanita di dalam lukisan ini mirip dengan wajah Caterina Sforza, seorang bangsawan dari Forli. Ada pula teori lain yang mengatakan kalau ini merupakan Giuliano de ‘Medici, penguasa Florence atau Isabella d’Este, seorang Marquise dari Mantua.

2. Senyumannya yang Misterius

Mungkin salah satu yang menjadi misteri dari lukisan ini adalah gambar senyum dari Mona Lisa. Di mana, selama lima abad banyak yang memperdebatkan mengenai senyumannya. Tak ada yang tahu pasti apakah ia tengah tersenyum bahagia atau tengah bersedih.

Di tahun 2005, para peneliti Belanda menggunakan program komputer emotion recognition, hasilnya adalah luksan ini tampak 83% bahagia, 9% jijik, 6% takut, 2% marah, dan 1% netral.

Tetapi, banyak yang mengatakan senyum di wajahnya tergantung kepada bagaimana cara kita melihatnya. Di lihat secara Close up, detailnya halus dengan memberikan kesan yang tidak sopan, tetapi kalau di lihat dari jauh ia tampak tersenyum riang.

3. Ada Kode Rahasia di Dalamnya

Jika dilihat melalui perbesaran mikroskop dari gambar resolusi tinggi yang ada di lukisan Mona Lisa, Komite Nasional Italia untuk Warisan Budaya mengatakan kalau di lukisan ini memiliki serangkaian huruf yang dilukis di berbagai fitur canvas Mona Lisa.

Pada bagian mana kanannya, diyakini ada huruf LV, di mana ini diyakini merupakan nama dari seniman itu sendiri, Leonardo da Vinci. Lalui pada bagian mata kirinya, garis besar dengan huruf CE yang tidak tampak jelas atau mungkin B yang bisa dilihat.

Lalu ada banyak juga kode-kode lainnya. Hingga saat ini masih banyak yang bingung dengan makna dari da Vinci yang meletakkan kode-kode ini.

4. Pandangan yang Tampak Mengganggu

Terakhir yang hingga saat ini masih menjadi perbincangan adalah tatapan mata dari wanita ini seakan langsung diarahkan pada yang melihatnya. Ke mana pun kita melangkah, maka ia bisa langsung tampak sedang melihat ke arah kita secara langsung.

Fenomena ini bisa dijelaskan secara ilmiah oleh University of Ohio, di mana mereka mengatakan kalau suatu gambar tidak mungkin tampak sama tidak peduli dengan sudut pandangnya.

Ini bisa membuat sebuah perspektif yang berbeda dan membuat Monalisa seakan memiliki tatapan yang cukup mengganggu bagi mereka yang melihatnya.

Itulah beberapa hal misterius dari lukisan Mona Lisa yang mungkin hingga saat ini masih menjadi perbincangan banyak orang.

You Might Also Like
Tinggalkan Balasan