Lukisan Van Gogh yang Paling Menggemparkan Dunia

Lukisan Van Gogh yang Paling Menggemparkan Dunia

Siapa yang tidak mengenal sosok Vincent Williem Van Gogh? Ya, dia adalah seorang pelukis pascaimpresionis asal Belanda yang sangat berpengaruh pada sejarah Seni di Barat.

Setidaknya sosok ini sudah menciptakan lebih dari 2100 karya seni dan karya-karya itu memiliki konsep yang beragam, ada yang mengenai alam, benda, potret, potret diri, dan masih banyak lainnya.

Semasa kecil, Van Gogh yang merupakan dari keluarga menengah ke atas ini dikenal sebagai sosok yang penuh pemikiran. Semasa mudanya dia menjadi pendagang seni serta sering berkelana dan sempat berpindah-pindah.

Segala gelombang pada hidupnya membawa dia untuk menjadi salah satu seniman sukses yang bisa kita nikmati karyanya saat ini.

Berikut ini kami akan menunjukkan beberapa karya paling populer dari Van Gogh yang bisa membawa kita melihat isi pemikirannya yang rumit dan ia tuangkan pada selembar canvas.

Karya Spektakuler Van Gogh

1.Starry Night

Lukisan Van Gogh yang Paling Menggemparkan Dunia

Van Gogh merupakan orang yang pernah mengalami gangguan kejiwaan. Di mana masalah yang dialaminya sangat parah sampai harus membuat Van Gogh berada setidaknya satu tahun di rumah sakit jiwa Saint Remy de Provence.

Namun, ternyata hal itu tidak membuat dirinya berhenti untuk berkarya. Karena dalam keadaan seperti itu, Van Gogh masih sempat melukis sebuah karya fenomenal yang diberi nama Starry Night, sebuah lukisan yang diciptakannya pada tahun 1889.

Ini adalah lukisan yang menggambarkan arah timur dari ruangan tempat Van Gogh dirawat. Kini lukisan ini disimpan di Museum of Modern Art, New York.

2. The Potato Eaters

The Potato Eaters

The Potato Eaters adalah salah satu karya terbaik yang Van Gogh miliki dan pelukis tersebut juga mengatakan kalau ini adalah lukisan terbaik yang pernah ia ciptakan.

Di dalam lukisan The Potato Eaters ini, menampilkan kehidupan para petani yang makan dengan tangan kosong, tangan yang mereka gunakan untuk mengerjakan lahan mereka. Selain itu lukisan yang dibuat pada April 1885 ini menggambarkan kehidupan dari para petani di masa tersebut.

3. Iris

Iris

Iris adalah lukisan yang Van Gogh selesaikan tepat satu tahun sebelum kematiannya. Di dalam lukisan ini terdapat bunga Iris yang digambarkan layu. Ini adalah lukisan yang Van Gogh ciptakan untuk mendorong dirinya agar tidak lagi merasa gila.

Lukisan ini sendiri di tahun 1987 dilelang dan berhasil terjual dengan harga 52,9 juta dolar AS. Itu membuat lukisan Iris karya Van Gogh ini menjadi lukisan termahal yang pernah dilelang.

4. Potrait of Dr. Gachet

Potrait of Dr. Gachet

Terakhir yang akan kami bahas kali ini adalah lukisan Van Gogh yang bernama Potrait of Dr. Gachet. Dr. Gachet sendiri merupakan sosok yang merawat Van Gogh di masa-masa terakhir hidupnya saat ia sekarat.

Untuk Van Gogh, ini adalah lukisan yang paling ia hormati, karena di gambar ini sangat melambangkan jasa dan juga ketulusan dari manusia.

Sebenarnya ada dua versi otentik dari potret ini, dan keduanya sama-sama dilukis di bulan Juli tahun 1890, di Auvers-Sur-Oise.

Itulah beberapa lukisan dari pelukis legendaris, Vincent Van Gogh. Masih banyak karya lain dari Van Gogh yang tidak kalah menariknya untuk dilihat akan keindahan dan melihat makna dibaliknya.

Jadi dari 4 karya Van Gogh di atas, kira-kira adakah karyanya yang membuat kamu tersentuh dan ingin mendalami lebih terhadap lukisannya?

You Might Also Like
Tinggalkan Balasan