Pelukis Palet Asal Bangyuwangi Meninggal Dunia

Pelukis Palet Asal Bangyuwangi Meninggal Dunia

Kabar duka kembali menyelimuti dunia seni rupa tanah air, di mana seorang pelukis yang merupakan pelopor Seni Lukis Palet asal Banyuwangi, Mozez Misdy, meninggal dunia.

Mozes Misdy sendiri sudah bukan nama asing di dunia seni rupa, di mana karya-karyanya sudah dikenal ke berbagai sudut Indonesia.

Pria yang sudah menginjakkan kakinya di usia ke 83 tahun ini wafat di RSI Fatimah, Banyuwangi, pada pukul 02.30 WIB. Mozes kini sudah dimakamkan di Kecamatan Gambiran.

Warga Desa Ketapang ini tentu memberikan duka yang mendalam untuk para perupa dan juga warga Banyuwangi. Dia merupakan sosok yang dikenal sering kali membina banyak pelukis yang ada di Banyuwangi yang saat ini tengah mencoba bangkit.

Bupati Banyuwangi pun turut menyampaikan rasa duka citanya. Beliau menyampaikan, kalau Mozes adalah pelopor pelukis yang membantu perkembangan seni lukis di Indonesia dengan mengenalkan seni lukis palet.

Pelukis Palet Asal Bangyuwangi Meninggal Dunia

Teknik palet adalah teknik yang tidak menggunakan kuas, di mana untuk menghasilkan karya lukis ini, pelukis menggunakan pisau palet.

Khas yang ada di dalam teknik ni membuat penikmat dari lukisan seperti melihat hasil lukisan 3Dimensi karena terdapat tonjolan seperti relied yang berasal dari olesan pisau palet.

Duka dari kepergian Mozes juga dirasakan oleh seniman lainnya, yaitu Imam Maskun, Ketua Langgar Art. Beliau mengaku kalau Mozes sagat berjasa dalam kebangkitan seni rupa yang ada di Banyuwangi.

“Beliau adalah orang yang sederhana. Dan selalu membimbing pelukis juniornya menciptakan karya lukis yang mempesona,”

Imam juga mencoba memberikan semangat untuk para pelukis di Banyuwangi untuk tetap bisa bangkit ditengah pandemic Covid-19 ini. Sekarang terdapat beberapa pameran yang dilakukan di berbagai hotel dan juga destinasi wisata yang ada di Banyuwangi.

Sejak muda Mozes Misdy sudah akrab dengan kesenian seni rupa, dia gemar untuk melukis dan membuat dirinya menjadi salah satu pelukis yang diperhitungkan di Indonesia.

Pelukis Asal Bangyuwangi Meninggal

Beliau tidak pernah sekali pun mengenyam pendidikan seni rupa, namun kualitas, teknik, dan goresan dari tangannya tidak kalah dari para pelukis tersebut.

Semoga kedepannya, di Indonesia akan semakin banyak pelukis yang mengikuti jejak Mozes dalam mengembangkan seni lukis di Indonesia.

You Might Also Like
Tinggalkan Balasan