Yuk Kenalan Dengan Seniman Asal Jogja

Yuk Kenalan Dengan Seniman Asal Jogja

Jogja memiliki banyak sekali keberagaman dan kekayaan mulai dari alamnya hingga makanannya yang unik dan menarik.

Jogja juga merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang seringkali dijadikan tujuan wisata para pendatang dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Seakan tak pernah kehabisan keunikkan, Jogja ternyata juga memiliki banyak sekali seniman ternama yang lahir dan berkembang di sana.

Banyak karya yang mereka hasilkan dan karya tersebut bukan hanya diakui di Indonesia namun juga sampai ke Internasional.

Nah, untuk kalian yang belum tahu banyak mengenai mereka, di bawah ini kami akan berikan daftar seniman asal Jogja yang harus kalian kenal.

1.Nyi Tjondrolukito

Yuk Kenalan Dengan Seniman Asal Jogja

Pesinden di dalam gamelan Jawa gaya Yogyakarta ini memiliki nama yang sangat melegenda. Ia merupakan seniman Jawa di abad ke 20.

Ia memang lahir di Jogja pada tahun 1920 tepatnya pada 20 April lalu meninggal di ibukota, Jakarta pada tahun 1997.

Nyi Tjondrolukito dikenal di awal kemerdekaan saat ia bernyanyi untuk Republik Indonesia. Ia memilki karya maestro berjudul Jineman Kutut Manggung.

Ia juga terkenal karena pintar berinovasi serta bisa menebak pakem-pakem musik klasik di zamannya. Selain itu ia juga terus terusan memberikan serta menciptakan berbagai inovasi terbaru dalam karyanya.

2.Bagong Kussudiardja

Bagong Kussudiardja

Seniman lainnya yang juga merupakan seorang koreografer ini merupakan orang yang lahir di tahun 1928 di Oktober bulan 9.

Ia juga dikenal sangat suka menari sehingga para penari pasti tahu betul nama ini. ia bahkan pernah mendirikan Padepokan pada tahun 1958 di Pusat Latihan Tari.

Bagong Kussudiardja juga sangat berjasa di bidang seni lukis karena ia merupakan orang yang merintis seni batik kontemporer.

Bahkan, ia pernah ikut memproduksi beberapa film seperti Kugapai Cintamu. Karena bakatnya, pada tahun 1985 ia menerima hadiah Senin Pemerintah Republik Indonesia sekaligus Penghargaan Sri Paus Paulus VI karena fragmennya Perjalanan Yesus Kristus.

Lukisan abstraknya yang pernah ia pamerkan di Dacca juga menorah penghargaan medali emas dari Pemerintah Bangladesh pada tahun 1980 lalu.

3.Butet Kertaradjasa

Butet Kertaradjasa

Anak dari Bagung Kussudiardja ini lahir pada 1961 dan awalnya merupakan pemain teater serta pelawak.

Namun, ia bukan hanya memiliki bakat di sana saja. Ia ternyata juga menuruni ayahnya dalam hal seni dan karya.

Ia bahkan pernah tergabung dengan beberapa teater sepanjang hidupnya. Butet juga terkenal dalam Stkom Sentilan Sentilun yang tayang di Metro TV. Bahkan, ia sempat membintangi 13 film layar lebar loh.

Pria Kelahiran 21 November ini juga memiliki wajah yang sangat mirip dengan sang ayah sehingga orang-orang yang mengenal ayahnya, pasti bisa dengan mudah mengenalinya juga.

Itulah beberapa seniman asal Jogja yang harus kalian kenal lebih dalam. Tentu saja mereka bisa menjadi inspirasi bagi kalian yang saat ini sedang berkutat di bidang seni.

Mereka juga sangat terkenal di Jogja bahkan hampir setiap warga di Jogja pasti pernah mendengar nama mereka bahkan tahu asal usul mereka.

Karena itulah, kita juga haus bangga sebagai warga Indonesia yang memiliki seniman-seniman berbakat seperti mereka dan sebisa mungkin kita juga tak boleh buta sama sekali mengenai mereka.

Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang saat ini sedang berjuang mengejar cita-cita pada bidang seni, seni apapun itu.

You Might Also Like
Tinggalkan Balasan