Beberapa Jenis Aliran Dalam Seni Lukis

Beberapa Jenis Aliran Dalam Seni Lukis

Seni lukis ternyata memiliki banyak sekali aliran didalamnya, aliran tersebut menggambarkan bagaimana sebuah seni modern dan kontemporer telah berkembang, dan juga dengan melihat timeline tersebut kita dapat mengetahui kondisi , karena seni pada dasarnya adalah sebuah cerminan dari suatu masa.

Seperti misalnya aliran Impresionisme merupakan sebuah gerakan bawah tanah yang sangat kontroversi, ataupun seperti ekspresionisme abstrak merupakan pergeseran dunia seni dari Paris ke New York.

Nah dibawah ini akan kami jelaskan beberapa seni lukis yang sudah ada sejak dulu, yuk disimak.

1.Realisme

Beberapa Jenis Aliran Dalam Seni Lukis

Realisme adalah sebuah aliran seni yang dimulai setelah Revolusi Prancis pada tahun 1848. Realisme ada untuk menolak Romantisme, merupakan gaya yang paling ramai di pakai.

Sebagai pelukis yang menganut aliran ini, para pelukis biasanya akan berfokus pada pemandangan orang-orang kontemporer dan kehidupan sehari-hari, hal tersebu bertujuan agar lukisan tersebut nyata tanpa adanya tambahan lain.

Biasanya lukisan realisme terlihat menyatu antara objek satu dengan objek lainnya. Beberapa pelukis yang menganut aliran ini adalah Gustove Corbert, Fransisco de Goya, Honore Umier.

Fotografi juga bahkan mempengaruhi jenis seni yang satu ini, hal tersebut mengharuskan para pelukis untuk menghasilkan lukisan yang realistis dan bersaing dengan teknologi pada fotografi.

2.Impresionisme

Impresionisme

Impresionisme sendiri merupakan sebuah aliran visual yang dulunya terbuang, pelukis akan menggunakan kuas dan mencampurkan warna-warna cerah serta menggunakan komposisi terbuka agar bisa menangkap emosi dari cahaya dan gerakan.

Aliran ini berawal dari sekolompok seniman yang berasal dari Prancis, mereka melakukan gerakan untuk memutuskan hubungan dengan tradisi akademis dengan melukis en plein air atau melukis di luar ruangan.

Hal tersebut merupakan sebuah keputusan yang mengejutkan karena beberapa pelukis lanskap pada saat itu membuat karya mengenai pemandangan mereka hanya di studio.

Impresionisme memiliki ciri ciri yaitu biasanya goresan kuas tersebut pendek dan tebal sehingga menimbulkan gaya seperti sketsa. Aliran ini juga membuat pelukis harus membuat lukisan tersebut di luar ruangan.

Beberapa tokoh pelukis yang menganut aliran tersebut adalah Claude Monet, Aguste Renoir, Sisley, Casmile Pissaro dan masih banyak lagi.

3.Kubisme

Kubisme

Aliran ini dikatakan merupakan aliran yang benar-benar revolusioner, hal itu dikarenakan kubisme merupakan gerakan seni yang paling penting dan populer di abad ke-20.

Salah satu tokoh yang membuat aliran ini menjadi sangat terkenal adalah Pablo Picasso dan George Braque yang mengembangkan aliran ini pada awal 1900-an.

Aliran ini juga dikatakan sebagai aliran yang benar-benar melanggar gerakan seni pada saat itu, dikarenakan aliran ini mengharuskan para penganutnya untuk menganalisis objek dan akhirnya dipecah, kemudian dipasang kembali dengan bentuk yang abstrak.

Seni Kubisme juga membuka peluang untuk gerakan seni lainnya muncul seperti Surealisme dan Ekspresionisme Abstrak, yang akhirnya membuat buku-buku peraturan seni tidak terpakai.

Kubisme menggunakan bentuk-bentuk geometris seperti segitiga, kubus, segi empat, slinder, lingkaran, bola, kerucut, dan kotak-kotak.

Biasanya aliran ini yang paling mudah dikenal karena bentuknya yang terbentuk dari bentuk-bentuk geometris dan perpaduan warna yang digunakan sangat perspektif.

Beberapa tokoh terkenal yang menganut aliran ini antara lain Pablo Piccaso, Gezanne, Fernand Leger, Robert Delaunay, Metzinger, Braque.

Nah, kira-kira itulah beberapa aliran yang terdapat dalam seni melukis. Semoga artikel ini membantu kamu untuk mendapatkan informasi serta pengetahuan lebih ya.

You Might Also Like
Tinggalkan Balasan