Mengenal Biografi Leonardo da Vinci

Mengenal Biografi Leonardo da Vinci

Leonardo da Vinci merupakan salah satu seniman yang sangat terkenal di dunia ini. Ia dikenal oleh orang awam atau orang banyak dengan lukisannya yang fenomenal yaitu Monalisa dan The Last Supper.

Ia juga diketahui memiliki kehebatan dalam bidang lain, contohnya seperti matermatika Teknik, geologi, astronomi, botani, ataupun kartografi. Oleh karena itu tak jarang ia disebut sebagai manusia super.

Pelukis dengan nama asli lionardo di ser Piero da Vinci lahir di Anchiano, kota tersebut sangat dekat dengan kota Vinci, Republik Fienze pada 15 April 1452. Pada tahun 1457 keluarganya yang termasuk ayah, kakek, dan pamannya memutuskan untuk tinggal di kota Vinci.

Da vinci sendiri pernah menempuh Pendidikan informal yaitu belajar Bahasa latin, geometri, dan matematika.

Pada abad ke-16 terdapat seorang petani yang membuat perisai, dan petani tersebut meminta Da Vinci untuk membuatkannya lukisan.

Akhirnya pada saat itu dengan umurnya yang tergolong masih muda, Da Vinci mengiyakan petani itu, dan ia membuatkannya lukisan medusa, yaitu seorang legenda dalam mitologi Yunani yang memiliki rambut ular dan sedang menyemburkan api.

Mengenal Biografi Leonardo da Vinci

Akhirnya gambar tersebut jadi, dan sangat menarik, tetapi juga sangat menakutkan, akhirnya ia memutuskan untuk menjualnya kepada pedagang barang antic yang terletak di Firenze. Selanjutnya ia mengganti lukisan untuk sang petani menjadi lukisan hati yang tertembus panah.

Pada masa mudanya, ia sudah menunjukan ketertarikan dan bakatnya dalam bidang seni, hal tersebut sontak membuat sang ayah melihat kemampuannya dan akhirnya membawanya ke suatu tempat di Cione, dan di tempat sana terdapat seorang yang bernama Andrea Verriochio.

Andrea sendiri merupakan pelukis terbaik yang terdapat pada kota Firenze. Bahkan ia sudah pernah mengajar Ghirlandaio, Perugino, Botticelli, dan Lorenzo di Credi.

Semasa belajar bersama Andrea, Da Vinci mendapatkan ilmu teori dan pengembangannya seperti tentang kimia, metalurgi, mekanika, dan pengolahan kayu. Selain belajar Teknik-teknik seperti itu ia juga mengembangkan bakat lainnya seperti melukis, pewarnaan, memahat, dan pemodelan.

Bahkan diusianya yang masih muda, ia sudah membantu Andrea dalam melukis, salah satu lukisan yang dibantunya berjudul Pembaptisan Kristus. Dilukisan itu ia berkontribusi dengan membuat lukisan malaikat yang sedang memegang jubah Yesus Kristus.

Semasa belajar bersama Andrea juga, ia pernah menjadi model bagi Andrea, hal tersebut dibuktikan dengan terciptanya patung perunggu David di Bargello, dan malaikat Raphael yang terdapat dalam lukisan Tobias and the Angel.

Ketika menginjak umur yang ke-20, Da Vinci mendapatkan atau memenuhi kualifikasi sebagai ahli di Asosisai Seniman Santo Lukas. Meskpun ia sudah memilki workshop pribadinya, ia tetap bekerja dan belajar bersama Andrea.

Hingga tahun 1481,  Da Vinci masih setia dengan workshop bersama sang guru yang telah membimbingnya. Lalu, pada tahun selanjutnya ia sudah berhasil membuat sebuah alat musik dari Yunani Kuno yang bernama Iyre, Iyre tersebut ia buat dari perak dengan bentuk kepala kuda.

Alat music tersebut akhirnya dibawa ke Milan dengan tujuan mempertahankan perdamaian dengan Ludovico Sforza.

Dan pada tahun 1503 ia akhirnya mulai membuat lukisan yang akan terkenal nantinya yaitu Mona Lisa. Bahkan sampai saat ini lukisan tersebut masih menjadi perdebatan, siapakah MonaLisa? Apakah ia benar-benar ada dalam dunia nyata?

Da Vinci meninggal di Clos Luce pada 2 Mei 1519 karena terkena penyakit stroke, ia meninggal dalam usia 67 tahun.

Demikian profil singkat tentang Leonardo da Vinci. Semoga bermanfaat ya.

You Might Also Like
Tinggalkan Balasan