Salvador Dali, Seniman Asal Prancis Yang Terkenal

Salvador Dali, Seniman Asal Prancis Yang Terkenal

Salvador Felip Jacint Dalí Domènech merupakan seorang pelukis yang terpenting di Spanyol. Ia terkenal lewat karya-karyanya yang sangat surealis.

Hasil karyanya juga dikenal karena adanya kombinasi aneh (bizzare) dengan draftsmanship serta keahlian menggambar yang luar biasa dan dipengaruhi oleh masterRenaissance,

Dali merupakan seorang artis dengan talenta dan imajinasi yang luar biasa. Ia bahkan mengakui bahwa ia mencintai melakukan hal yang tidak biasa untuk menarik perhatian dirinya sendiri yang terkadang menggangu penggemar lukisannya.

Karena terkadang perilaku “keteaterannya” yang eksentrik kadang-kadang membayangi hasil karyanya di perhatian publik.

Namun, belum banyak orang yang mengetahui bagaimana masa kecil dari pria kelahiran 11 Mei 1904 ini.

Masa Kecil Salvador Dali

Salvador Dali, Seniman Asal Prancis Yang Terkenal

Salvador Dali lahir pada tanggal 11 Mei 1904 di lantai pertama  Carrer Monturiol, 20 di kota Figueres, di wilayah Empordà , dekat perbatasan Prancis di Catalonia , Spanyol.

Kakak Dali, yang juga bernama Salvador (lahir 12 Oktober 1901), meninggal karena gastroenteritis sembilan bulan sebelumnya, pada 1 Agustus 1903.

Ayahnya, Salvador Rafael Aniceto Dalí Cusí (1872–1950) adalah seorang pengacara dan notaris kelas menengah,

Ia juga merupakan eorang ateis anti-klerikal dan federalis Catalan, yang pendekatan disipliner ketatnya ditempa oleh istrinya, Felipa Domènech Ferrés (1874–1921), yang mendorong upaya artistik putranya.

Pada musim panas 1912, keluarganya pindah ke lantai atas Carrer Monturiol 24 (sekarang 10).

Dali kemudian mengaitkan “kecintaannya pada segala sesuatu yang berlapis emas dan berlebihan, hasrat saya akan kemewahan dan kecintaan saya pada pakaian oriental dengan garis keturunan Arab”, mengklaim bahwa leluhurnya adalah keturunan Moor.

Masa Kecil Salvador Dali

Ia dihantui oleh gagasan mengenai saudaranya yang meninggal sepanjang hidupnya yang membuatnya menjadi mitologi dalam tulisan dan seninya.

Ia berkata tentang kakaknya bahwa mereka mirip satu sama lain seperti dua teteas air, namun kami memiliki refleksi yang berbeda.

Dia “mungkin adalah versi pertama dari diriku tetapi terlalu banyak mengandung secara absolut”. Gabar saudaranya akan mucnul lagi dalam karya-karyanya selanjutnya, termasuk Portrait of My Dead Brother (1963).

Dali juga memiliki seorang saudara perempuan bernama Anna Maria yang tiga tahun lebih muda. Pada tahun 1949, ia menerbitkan buku tentang saudara laki-lakinya, Dalí as Seen by His Sister.

Dali bersekolah di Sekolah Menggambar Kota di Figueres dari tahun 1916 dan juga menemukan lukisan modern dalam perjalanan liburan musim panas ke Cadaqués bersama keluarga Ramon Pichot , seorang seniman lokal yang melakukan perjalanan rutin ke Paris.

Pada tahun berikutnya, ayah Dali menyelenggarakan pameran lukisan arang di rumah keluarga mereka.

Ia mengadakan pameran public pertamanya di Teater Kota di Figueres pada 1918, sebuah situs yang akan ia kembalikan beberapa decade kemudian.

Masa Kecil Salvador Dali

Di awal 1921 keluarga Pichot memperkenalkan Dali ke Futurisme da Paman Dali, Anselm Domenech yang memiliki toko buku di Barcelona dan memberinya buku serta majalan tentang Kubisme dan seni kontemporer.

Pada Februari 6, 1921, ibu Dali meninggal karena kanker Rahim. Dali saat itu berusia 16 tahun kemudan berkata bahwa kematian ibunya merupakan pukulan terbesarnya.

“adalah pukulan terbesar yang pernah saya alami dalam hidup saya. Saya memujanya … Saya tidak bisa pasrah pada kehilangan makhluk yang saya anggap tidak terlihat noda jiwaku yang tak terhindarkan. “

Setelah istrinya meninggal, ayah Dali menikahi saudara perempuannya, Daloi tidak membenci pernikahan ini, karena dia sangat mencintai dan menghormati bibinya.

You Might Also Like
Tinggalkan Balasan